Halaman 3, Cara Melayout PCB dengan Software EAGLE - Dunia Informasi Keren

pasang iklan di sini

Dunia Informasi Keren

Monday, July 31, 2017

Halaman 3, Cara Melayout PCB dengan Software EAGLE

  1. Setelah semua langkah- langkah di atas selesai lanjutkan dengan mengubah kembali Size Grind yang tadinya 10mm menjadi 0,01mm. dan tampilannya seperti ini.
  2. Sekarang anda hanya tinggal memindahkan komponen- komponen yang berada di luar garis pembatas ke dalam garis pembatas dengan tool Move. Kemudian aturlah agar tidak ada jalur yang bertabrakan 1 sama lain agar tidak terjadi konsleting. Lihat gambar di bawah.
  3. Gunakan juga garis bantu untuk mensejajarkan letak- letak komponen atas dan bawah maupun samping kiri dan kanan. Sehingga hasilnya seperti di bawah ini.
  4. Selanjutnya anda membuat jalur PCB dengan tool Route dan memutuskan jalur PCB dengan tool Ripup. Sehingga hasilnya sebagai berikut.
  5. Jika sudah selesai membuat jalur PCB-nya. Lanjutkan dengan menambahkan tool Vias, dengan cara menekan tool Vias dan letakkan pada bagian- bagian yang diperlukan.
  6. Selanjutnya sambung dan tebalkan jalur- jalur yang dianggap tipis dengan tool Wire. Lihat gambar di bawah.
  7. Kemudian berikan lagi tool Wire pada tempat- tempat yang diperlukan. Lihat gambar di bawah.
  8. Jika sudah seperti di atas sekarang saatnya mengubah warna layout PCB dari warna biru ke warna hitam. Ikuti langkah- langkahnya.                                       a.     Pertama pilih tool Layer Setting                                                       b.     Kemudian pilih teksNone                                                                         c.      Kemudian pilih Top, Bottom, Pads, Vias, dan Hole hingga ada warna biru          di angka mereka.                                                                             d.     Kemudian ubah warna Bottom, Pads, Viads = hitam, Hole= putih, Top=              merah.                                                                                                               e.      Lihat gambar di bawah.
  9. Setelah semua langkah- langkah di atas anda lakukan layout PCB anda akan melihat layout PCB seperti di bawah ini.
  10. Sekarang anda hanya harus memberikan hole atau lubang pada PCB dengan cara memilih tool Hole dan meletakkan di vbagian tengah kaki- kaki yang berbentuk lingkaran.
  11. Beginilah gambar PCB yang sudah selesai.
  12. Sip sekarang layout PCB sudah selesai di buat.
Semoga tutorial yang saya bagikan ini akan berguna dan bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat terutama para pelajar dan produsen PCB. Agar anda bisa berhasil melakukan hal tersebut anda harus benar- benar memperhatikan setiap langkah- langkahnya dengan baik.

Baiklah sampai disini dulu perjumpaan kita, sampai ketemu lagi di lain waktu. Jika ada salah kata dalam pengetikan artikel ini maka saya atas nama Dunia Informasi Keren mengucapkan maaf sebesar- besarnya. Saya atas nama blog Dunia Informasi Keren juga mengucapkan terimakasih banyak karena telah mau singgah di blog saya yang sederhana ini.

Semoga saya selalu di berikan kesempatan untuk membagikan artikel- artikel yanga lebih menarik lagi kepada teman- teman semua. Saya sangat berharap bagi anda para pembaca agar men-share  artikel, saya apabila artikel ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.
--Terimakasih dan Sampai Jumpa--



No comments:

Post a Comment

KLIK